Prabowo Setuju Ganjar saat Debat, Emrus Sihombing: Ganjar The Real President

Komunikolog Indonesia, Dr. Emrus Sihombing.

Jakarta, LiraTV.id – Komunikolog Indonesia dari Universitas Pelita Harapan, Emrus Sihombing memberi catatan khusus debat capres tahap ketiga yang menampilkan pandangan Ganjar disetujui/didukung Prabowo berkali-kali, di tengah Anies menyerang Prabowo.

Ini kata Emrus dalam opininya.


Karena itu, tenaga, pikiran dan waktu Probowo terpecah dalam perdebatan ini, sehingga tidak dapat memanfaatkan waktu dan pikiran secara maksimal untuk menyampaikan gagasan barunya. Ini sangat merugikan Prabowo dalam perdebatan ini.

Dari aspek komunikasi, Ganjar menjadi pemimpin komunikasi dalam perdebatan ini. Sementara Anies lebih fokus “menyerang” Prabowo mulai dari kepemilikan tanah hingga alutsista bekas. Prabowo pun terpancing meresponnya sehinga Prabowo menjadi “ekor” komunikasi.

Prabowo pun “menyerang” Anies tentang etika. Namun “serangan” Probowo ini sangat tidak produktif bagi dirinya sendiri, karena bisa dimaknai publik sebagai merendahkan lawan debat yaitu Anies. Karena itu, “serangan” Prabowo ini berpotensi justru tidak sejalan dengan etika, sehingga merugikan Prabowo.

Ganjar dan Anies memberikan kritik yang sangat tajam mulai dari politik luar negeri, hubungan internasional, diplomasi, konflik Laut Cina Selatan, hingga geo politik sehingga Prabowo tampak tidak percaya diri merespon kritikan tajam dari Ganjar dan Anies.

Dengan demikian, perdabatan presiden ketiga ini mutlak dimenangkan oleh Ganjar.

Dari tiga kandidat ini, Ganjar sebagai pemenang.

Karena itu, perdebatan ini akan mampu meningkatkan elektabilitas Ganjar-Mahfud di atas dari dua Paslon lain.

Dr. Emrus Sihombing
Komunikolog Indonesia

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90