Pakar Geopolitik Bongkar Kelemahan dan Kelebihan Capres terkait Isu Pertahanan

Analis Geopolitik dan Hankam, Dr(c) Yulis Susilawaty.

Jakarta, LiraTV.id – Analis Geopolitik dan Hankam, Dr.(C) Yulis Susilawaty memberikan analisa kelemahan dan keunggulan tiga calon presiden (Capres) 2024 terkait visi dan misi sektor pertahanan dan keamanan.

Visi dan misi capres tentang Geopolitik dan Pertahanan akan menjadi tema debat Capres tahap III yang akan digelar pada Minggu, 7 Januari 2024.


Yulis Susilawati menyampaikan pandangan bahwa dalam visi-misi capres-cawapres, paslon nomor urut dua Prabowo Subianto dan nomor urut tiga Ganjar Pranowo sudah tepat mengangkat tentang pertahanan cyber.

“Saya lihat Prabowo dan Ganjar sama sama mengangkat pertahanan cyber. Membentuk angkatan cyber yang sangat dibutuhkan,” ujar Yulis saat menjadi pembicara dalam webinar Indonesian Public Institute (IPI), Jumat (5/1/2024).

Bagaimana dengan paslon nomor urut satu Anies Baswedan? Yulis menilai ada kelebihan yang tak diangkat oleh Prabowo dan Ganjar, yakni memasukkan perubahan iklim dalam visi-misi pertahanan negara.

“Kekurangan paslon nomor dua (Prabowo) dan tiga (Ganjar) itu ketika bicara perubahan iklim. Berbicara pangan harusnya juga perubahan iklim. Kan ini berpengaruh kepada ketahanan pangan,” lanjutnya.

Meski demikian, Yulis menilai keunggulan Paslon Tiga (Ganjar Pranowo) adalah pada diplomasi, terutama dalam memperkuat posisi Indonesia di mata dunia.

“Paslon 3 kuat dalam diplomasi, dan paham betul posisi Indonesia dalam sejarah perhelatan global. Itu sangat penting,” tandas Yulis.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90