Bisnis  

Gina Novrina Nasution M.S.M, CTA Profesional Pelatih Renang dan Senior Analis Pasar Modal Yang Handal serta Entrepreneur  Dunia Kuliner

 

LIRATV/ Jakarta- 17 Oktober 2022

Gina Novrina Nasution M.S.M, CTA, biasa dipanggil Gina dikenal sebagai seorang Professional Pelatih Renang dan Mantan Atlit Renang Indonesia. Gina juga dikenal sebagai Senior Analis Pasar Modal yang sudah sering tampil di berbagai media, seperti media saluran Televisi seperti TV One, MNC Business Channel 100 Indovision TV, IDX Channel, Indonesia Siang, Reportase International Dialog TVRI, Berita Satu, CNBC Indonesia, CNN Indonesia, Indonesia Business and Capital Market (IBCM), Bloomberg TV Indonesia, Metro TV dan lain sebagainya.

Gadis kelahiran Jakarta, 39 tahun yang lalu ini adalah seorang yang multitalenta dan sangat berprestasi di dunia renang. Kecintaannya pada olah raga renang dimulai sejak umur 3 (tiga) tahun yang diajar dan dilatih renang oleh ayahnya sendiri yaitu Drs. H. Zakaria Nasution MBA.

Drs. H. Zakaria Nasution MBA, sendiri merupakan Perenang Legendaris Termuda Pertama Indonesia yang berusia 14 (empat belas) tahun saat beliau mengikuti Kejuaraan Olimpiade Games 1960 di Roma (Italy). Dimana hingga saat ini masih belum ada Perenang Indonesia usia dini (usia 14 tahun) yang bisa mengikuti Olimpiade Games. Di tahun 1964, beliau juga mengikuti Kejuaraan Olimpiade Games di Tokyo (Japan). Banyak kejuaran yang pernah diikuti oleh Drs. H. Zakaria Nasution MBA. diantaranya mengikuti Kejuaraan Asia di Philippine dan Kejuaraan Dunia di Paris (Perancis pada Tahun 1961). Tahun 1963, beliau mengikuti Ganefo di Nefos dengan meraih 3 (tiga) medali emas, sedangkan diajang Asian Games V Tahun 1968 di Bangkok meraih 2 (dua) medali emas. Selain itu, beliau ikut andil dalam Pembangunan Kolam Renang Senayan. Diakhir masa kariernya sebagai Atlit Nasional Indonesia,  Drs. H. Zakaria Nasution MBA sebagai Founder Aquanus Swimming Club yang berdiri sejak tahun 1960-an.

Memiliki ayah seorang atlit berprestasi legendaris renang Indonesia yang melatihnya sejak kecil membuat Gina terbiasa hidup disiplin, tepat waktu, tekun, kerja keras, konsisten dan pantang menyerah. Kedisiplinan dan kerja kerasnya saat itu tidak sia-sia dan membawa Gina menjadi atlit yang sangat berprestasi di bidang renang. Hal ini dapat dilihat dari berbagai kejuaraan dan perlombaan renang yang diikutinya memberikan hasil yang sangat membanggakan bagi orang tua dan orang disekitarnya.

Beberapa prestasi Gina diantaranya adalah sebagai Perenang Senior Putri Terbaik Kejuaraan Gubernur Cup Tahun 2000, Invitasi Olahraga Antar Mahasiswa di Yogjakarta Tahun 2003 dengan meraih 3 (tiga) medali emas dan banyak penghargaan lainnya.

Selain aktif di olahraga raga Renang, Gina juga aktif di olahraga raga Selam. Di era tahun   2000-an, pada usia remaja Gina merupakan perwakilan dari Corona Diving Club dan sebagai atlit Monofin yang beberapa kali menjuarai kejuaraan Monofin Se-Indonesia.  Di akhir karirnya sebagai Atlit Selam, beliau mengikuti pemecahan rekor dunia penyelaman di Bunaken Manado Tahun 2010 yang tercatat di Guiness Book of Record.

Gina sendiri adalah bungsu dari tiga bersaudara, kakaknya Gedyza Maytria Nasution S.ISIP juga merupakan mantan atlit renang dan monofin berprestasi sedangkan Erick Yunivan Nasution SE. MM.  selain mantan atlit renang dan monofin beliau juga merupakan mantan atlit Profesional Polo Air.

Latar belakang Pendidikan Gina terinspirasi dari keluarga yang sangat mengutamakan pendidikan, dimana beliau merupakan lulusan SMA Negeri 6, Mahakam Jakarta. Dan melanjutkan kuliah untuk meraih gelar Sarjana di salah satu Universitas terbaik di Indonesia yaitu Universitas Indonesia mengambil Jurusan Administrasi Niaga dan terakhir ia melanjutkan pendidikan meraih gelar S2 (Master) Jurusan Manajemen Keuangan di Universitas Indonesia (UI).

Memasuki dunia kerja, pengalaman Gina selama 14 (empat belas) tahun menjadikannya  sebagai Senior Analis Pasar Modal yang sangat handal dan kerap diundang sebagai narasumber di  berbagai media Televisi karena keahliannya.

Pengalaman kerja dan karir Gina antara lain :

1. Juli 2022 – Sekarang sebagai Investor Relation, PT. Mora Telematika Indonesia Tbk.

2. Mei 2019 – Juni 2022 sebagai Head Of Corporate Secretary, Investor Relations and Treasury,           PT. Estika Tata Tiara, Tbk

3. Maret 2018 – Mei 2019 sebagai Head Of Corporate Secretary and Business Plan, PT. Collega Inti Pratama.

4. Tahun 2013 – Maret 2018 sebagai Senior Analyst Research, PT. Trimegah Securities, Tbk.

5.  Tahun 2012 – Februari 2013 sebagai Head or Research, Equator Securities,Tbk.

6. Tahun 2008 – Februari 2012 sebagai Analyst Research,  PT. Reliance Securities, Tbk.

7. Tahun 2007 – Oktober 2008 sebagai Analyst Research, PT. Paramitra Securities, Tbk.

Sebagai Senior Analis Pasar Modal, Gina kerap diundang ke berbagai daerah untuk mengedukasi mahasiswa dan masyarakat umum tentang bagaimana berinvestasi yang aman dan menguntungkan. Kedepannya ia berharap dapat memberikan kontribusi dan dapat mengedukasi  masyarakat di seluruh Indonesia, agar banyak masyarakat Indonesia dapat mengelola finansial dan pandai berinvestasi secara aman serta menguntungkan, sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

Saat ini, Gina mencoba kemampuannya sebagai entrepreneur yang terjun langsung berjualan minuman dengan membuka usaha Food and Beverage (F & B) yaitu  kedai minuman “Mojitea”. Mojitea menyajikan berbagai macam varian berupa minuman jenis soda, fruit tea, milkshake, regular dan coffee. Ia berharap kreasi minumannya ini dapat diterima dan disukai oleh masyarakat.

Selain menggeluti olahraga renang, Senior Analis Pasar Modal dan entrepreneur, Gina juga cukup aktif dalam berorganisasi terbukti dia pernah menjadi Chief UKM Renang di UI (Universitas Indonesia), Chief HMPS ( Himpunan Mahasiswa Program Studi), Chief Event : PEMILU [Pemilihan Umum HMPS APS UI Periode 2000-2001, Editor School Magazine dan lain sebagainya.

Aktif berorganisasi di dunia kampus mendorong Gina juga aktif berorganisasi di Persatuan Renang Indonesia Provinsi DKI Jakarta sejak tahun 2013. Dimana pada periode 2017 – 2021, Gina menjabat sebagai pengurus dengan jabatan sebagai Wakil Sekretari Umum. Sampai saat ini, Gina tetap aktif berorganisasi di dunia olahraga renang dengan diberi kepercayaan untuk mengelola Bidang Kesejahteraan di PB PRSI (Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia) periode 2021-2025 dan sebagai Sekretari Umum PRSI DKI Jakarta Selatan periode 2021-2025

Sepeninggalan Almarhum Ayahanda tercinta yaitu Drs. H. Zakaria Nasution MBA., Gina dan kedua kakaknya yaitu Gedyza Maytria Nasution S.ISIP serta Erick Yunivan Nasution SE. MM., mewarisi dan mengelola Perkumpulan Renang Aquanus.

Perkumpulan Renang Aquanus Jakarta bertempat di Kolam Renang Aquatik Senayan (Gelora Bung Karno). Tujuan Perkumpulan Renang Aquanus adalah mengajar anak-anak dapat pandai dan pintar berenang serta menemukan potensi-potensi dan bakat anak bukan hanya dari kalangan menengah ke atas, namun semua kalangan agar mendapatkan bibit-bibit perenang yang kedepannya dapat mengharumkan nama bangsa dan negara.

Visi dan Misi Perkumpulan Renang Aquanus adalah ingin memasyarakatkan olahraga terutama Olah Raga Renang, karena itu Perkumpulan Renang Aquanus lebih banyak memberikan edukasi pada anak-anak (anak umur 4 tahun s/d 20 tahun), agar dapat berenang guna mencari perenang berbakat dan mencetak perenang handal.

Perkumpulan Renang Aquanus sendiri masuk dalam jajaran club renang favorite di Jakarta, dengan progress dalam waktu sebulan anak sudah pandai berenang dari semula belum bisa sama sekali. Kemahiran mengedukasi dan pelatihan yang dijalankan oleh ketiga bersaudara ini cukup diakui di kalangan orang tua murid perenang dan dunia Renang. Bahkan Orang tua murid dengan setia menunggu antrian (waiting list) untuk dapat memasukkan anaknya di club Aquanus.

Dibawah kelolaan Gina dan kedua saudara kandungnya dalam 10 (sepuluh) tahun terakhir ini berhasil menciptakan belasan ribu anak-anak dari yang semula belum bisa berenang hingga mahir dan pandai berenang.

Harapan Gina ke depannya adalah dirinya dapat  berkontribusi menghasilkan para Perenang Indonesia yang bisa berprestasi mendulang medali di ajang Internasional, dunia dan Olimpiade. Hal ini sejalan dengan prinsip hidupnya yang ditanamkan oleh kedua orang tuanya yaitu selalu bermanfaat, berkreasi, berkontribusi dan berguna bagi masyarakat disekitarnya.

 

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90