News  

Reshuffle Kabinet Akhir Maret ini? Zulhas: “Sepenuhnya itu haknya bapak presiden”

[Foto: Dok.Google, Ist]

Jakarta|LIRATV — Reshuffle kabinet dikabarkan akan diumumkan pada 23 Maret 2022. Informasi ini disampaikan sumber Beritasatu.com, Jumat (4/3/2022). Sumber itu pun mengungkap hari baik, yaitu Rabu Pon atau Rabu Pahing sebagaimana kerap dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengumumkan reshuffle kabinet.

“Tanggal 23 Maret 2022 itu hari Rabu Pon. Kabarnya mau ada reshuffle kabinet,” ucap sumber di kalangan elite politik tersebut.

Diketahui, Jokowi berulang kali melakukan reshuffle kabinet sejak periode pertama pemerintahannya. Penataan ulang kompoisi kabinet dan jabatan kepala staf kepresidenan dilakukan dengan berbagai pertimbangan, seperti penguatan sinergisitas pemerintahan sampai akibat menteri terjerat kasus korupsi.

Masih kata sumber, kader Partai Amanat Nasional (PAN) akan masuk ke dalam jajaran Kabinet Indonesia Maju. PAN memang telah menjadi anggota koalisi partai politik (parpol) pendukung pemerintah sejak Agustus 2021. Sumber tak mengetahui secara pasti kader PAN yang bakal menduduki kursi menteri.(beritasatucom)

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan enggan merespons terlalu jauh terkait isu PAN masuk kabinet. Namun, PAN akan menyiapkan kader terbaik jika diminta. “Soal reshuffle, itu hak prerogatifnya presiden, gitu. Kita tidak pernah bicara itu,” kata Zulhas, sapaan akrab Zulkifli Hasan pada Desember 2021. Kala itu, santer juga isu reshuffle kabinet.

“Kalau kader ditugaskan kita untuk membantu pemerintahan, namanya juga negara, pasti kader terbaik akan diberikan. Sepenuhnya itu haknya bapak presiden. Jadi, saya ini mantan Ketua MPR mengerti betul paham betul kalau soal reshuffle itu. Kita enggak pernah tunggu,” ucap Zulhas.(Bar)


banner 728x90