News  

Pemuda MOI Minta Aparat Keamanan Tindak Tegas Perusuh di Suku MOI

[Foto: Seremonial suku MOI  Euforia,Ist]

Sorong| LIRATV– Dengan adanya pelantikan Kepala suku Malamoi Papua Barat, Yermias Su di Sorong Pada hari Senin 29 Januari 2022, Di Gedung batalyon Yonif 762 Kota Sorong Provinsi Papua Barat menimbulkan gejolak sosial di kalangan anak adat suku Moi.

Menyikapi hali ini Fengky Gifelem dan Ronald Desnath, angkat bicara

Fengky Gifelem, menuturkan sebagai anak adat suku Moi ia secara pribadi mendukung penuh Bapak Gerimis Su dilantik sebagai kepala suku Moi.

“Saya secara pribadi sebagai putra asli suku Moi, serta mewakili Mahasiswa dan Pemuda suku Moi yang mendiami pelataran Tanah adat Moi Mendukung Penuh Bapak Yermias Su Sebagai Kepala suku Malamoi Papua Barat yang di Lantik secara resmi .” Tegas Fengky Gifelem, saat di hubungi, Jumat(18/02/22).

Selain itu, Fengky Gifelem menghimbau Untuk Seluruh Masyarakat Suku Moi agar bersama-sama Bergandengan tangan Mendukung Setiap program Kerja dari kepala suku Malamoi terpilih secara resmi demi Kemajuan diatas tanah Malamoi yang kita semua cintai ini. himbaunya

Ia menjelaskan soal ada isu terkait dengan adanya penolakan kepala suku, Oleh kelompok yang tidak memenuhi nomenklatur adat istiadat Suku Moi, harus ditindak tegas oleh pihak keamanan.

“Mereka harus ditindak tegas oleh pihak kemanan karena mengganggu stabilitas keamanan.” Tegasnya

Saya menghimbau kepada seluruh lapisan elemen sub suku terus bersama-sama untuk menjaga stabilitas suku kami dan juga menjaga kerangka yang sedang di bangun secara baik dan sama sama oleh kepala suku kami tercinta. Cigito Kepala suku ini Semua proses berjalan aman-aman saja,” Tuturnya

Fengky menjelaskan karena yang sah Secara adat Sebagai kepala Suku yakni bapak Yermias Su yang kami anggap sebagai Orang tua kami untuk memimpin Kami orang Moi yg ada di 7 Sub Suku di atas tanah Malamoi di Kota Sorong provinsi Papua Barat, masa bakti 2022-2027.

Selain Fengky Gifelem, salah satu putra terbaik papua Barat Ronaldo Desnath ia pun ikut mengomentari persoalan ini.

Saya meminta kepada pemerintah provinsi Papua Barat dalam hal ini, Gubernur Provinsi Papua Barat (Bapak Dominggus Mandacan) selaku anak adat suku besar Arfak dan juga, Kapolda Papua Barat agar bersama-sama menjaga, dan mendukung Penuh Bapak Yermias Su, sebagai Kepala Suku besar Malamoi Papua Barat”. Tutur Ronaldo Desnath

Menurutnya Desnath keamanan dan Ketertiban sosial harus dijaga untuk kemajuan masyarakat Suku Moi dan warna masyarakat papua Barat secara komprehensif. Pungkasnya.(Bar)


banner 728x90