Pertahankan Produksi Kain Ulos, Jokowi Resmikan Revitalisasi Desa Ulos Huta Raja

[Foto: Tampak Jokowi saat berpidato mengenakan Kain ulos warna biru saat di P.Samosir, Sumut, Ist]

SUMUT|LIRATV–Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Desa Ulos Huta Raja, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Rabu (2/2/2022). Jokowi menyambut baik hasil reorganisasi daerah yang telah dilakukan sejak 2019.

Kenang Jokowi saat berkunjung ke daerah itu 2,5 tahun lalu. Saat itu, Jokowi juga menyatakan bahwa kawasan tersebut harus ditata agar bisa menjadi destinasi wisata yang menarik.

Jokowi tak bisa menyembunyikan pujiannya saat melihat hasil restrukturisasi yang dilakukan pemerintah, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).PUPR).

“Karena terakhir saya ke sini, kapan? 2,5 tahun lalu saya datang ke sini dan sekarang sepertinya penataan (melihat-lihat) sangat bagus,” kata Jokowi seperti dikutip dalam siaran video di YouTube Sekretariat Presiden. saluran, Rabu (2/2/2022).

Jokowi kemudian menyampaikan terima kasih kepada warga dan pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan kepada pemerintah pusat untuk melakukan revitalisasi. Dengan revitalisasi ini, Jokowi berharap bisa ikut melestarikan warisan budaya di Desa Ulos Hutaraja.

“Saya melihat penataan desa Ulos Huta Raja yang kita harapkan dengan revitalisasi, konservasi, dan budaya utama. kain ulos kita bisa.”

Melansir situs resmi Kementerian PUPR, pemugaran dilakukan dalam rangka pembangunan infrastruktur di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN)/Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara sebagai destinasi wisata unggulan.

Desa Huta Raja dipilih karena terkenal dengan produksi tenun ulos yang merupakan kearifan lokal. Karena itu, Kementerian PUPR berupaya merevitalisasi beberapa rumah agar produksi tenun ulos tetap berjalan.(Bar)


banner 728x90