News  

Gagas Satu Desa Satu Wartawan, Jusuf Rizal: Optimal Awasi Pemerintahan Jokowi-Amin

HM. JUSUF RIZAL (Presiden sekaligus pendiri LSM LIRA, Ketua Umum Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia/PWMOI)

Jakarta, LiraTV — Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) tak pernah berhenti berinovasi guna mendorong transparansi pengelolaan negara (KKN).

Presiden sekaligus Dewan Pendiri LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal kali ini menggagas Program Satu Desa, Satu Wartawan/Reporter.


Melalui Program Satu Desa Satu Wartawan/Reporter itu, LSM LIRA akan memperkuat jaringan pengawasan melalui media online Indonesia, www.liranews.com maupun www.liratv.id yang diwadahi Jaring Media Nusantara (JMN) yang dibentuk Presiden sekaligus Dewan Pendiri LSM LIRA, HM. Jusuf Rizal.

“Saat ini era revolusi industri yang memungkinkan pertukaran informasi sangat cepat dan mudah diakses. Dengan memiliki Satu Wartawan/Reporter di setiap Desa, maka LSM LIRA sudah memiliki Mata dan Telinga hingga kelapisan bawah,” tutur Jusuf Rizal yang juga Ketua Umum PWMOI (Perkumpulan Wartawan Media Online Indonesia) kepada media di Jakarta, Minggu (1/8/2021).

Menurut pria berdarah Madura-Batak Sekjen MOI (Media Online Indonesia) itu, sebagai bagian dari Relawan Jokowi-KH.Ma’ruf Amin The President Center, LSM LIRA akan turut ambil bagian mendorong transparansi pengelolaan negara, mulai dari Pusat hingga ke 74.953 desa di Indonesia.

Melalui program pembentukan jaringan wartawan/reporter hingga ke desa tersebut, maka saat ini ada 75.953 desa di seluruh Indonesia. Dengan demikian akan ada lebih dari 75 ribu wartawan/reporter Jaring Media Nusantara (JMN) LSM LIRA.

“Saat ini hampir setiap orang memiliki HP. Dengan peralatan tersebut serta dengan legalitas Wartawan/Reporter dari media online liranews.com dan liratv.id, mereka sudah bisa melaksanakan perannya menyampaikan informasi apapun dari setiap desa,” tegas Jusuf Rizal sang aktivis penggiat anti korupsi itu.

Dikatakan, siapapun boleh bergabung dalam program “Satu Desa, Satu Wartawan”, baik yang sudah pernah jadi wartawan, pemula, pemuda, mahasiswa, pensiunan, pekerja hingga ibu rumah tangga.

Bagi pemula, lanjut Jusuf Rizal, nanti akan diberikan pelatihan teknik jurnalistik/wartawan dasar yang bisa dilakukan melalui virtual zoom. Diberikan praktik menulis, sertifikat hingga Kartu Identitas wartawan/reporter sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Tertarik bergabung? Caranya mudah. Anda dapat menghubungi Jaring Media Nusantara (JMN) dengan Mustakim Ishak (0852-8261-0972) dan Heri. Kirimkan KTP, FOTO dan Isi Formulir kirimkan via email: redaksi.liratv@gmail.com/WA: 0812-9635-0779.

“Sebagai freelancer di seluruh Indonesia dapat mencari iklan, profil, personal branding, advertorial dan lainnya agar memperoleh pendapatan yang dikelola secara profesional,” papar Jusuf Rizal, wartawan senior yang sudah 40 tahun berkecimpung di dunia pers alias wartawan di tiga zaman.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90