News, Opini  

Yaredi Meminta Presiden Jokowi Wujudkan Transformasi IAKN Tarutung Menjadi UKN Tarutung

(Foto:Yaredi Waruwu, Ist)

Jakarta,LIRA’TV.ID—Gagasan Transformasi Kelembagaan Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen (PTKK) terinspirasi oleh paparan Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI pada Konferensi Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Indonesia (BMPTKKI) pada tanggal 29 Agustus 2019 yaitu munculnya gagasan Pengarusutamaan Pendidikan Tinggi Kristen yaitu perluasan mandat penyelenggaraan pendidikan tinggi Kristen melalui perubahan bentuk sebagaimana diatur berdasarkan Peraturan Menteri Agama RI Nomor 15 Tahun 2014 tentang Perubahan Bentuk Perguruan Tinggi Keagamaan.


Selanjutnya, dengan terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pendidikan Tinggi Keagamaan yang mengatur tentang pengembangan rumpun ilmu keagamaan dan rumpun ilmu pengetahuan yang merupakan wujud perluasan mandat penyelenggaraan pendidikan tinggi keagamaan.

Menyikapi hal tersebut, Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung membentuk Tim Transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN (Universitas Kristen Negeri) Tarutung sekaligus melaksanakan kajian awal melalui penyelenggaraan Froum Group Discussion (FGD) Penyusunan Propasal UKN Tarutung (Transformasi dari IAKN menjadi UKN) pada tanggal 30 September sampai dengan 02 Oktober 2019 dengan menghadirkan pakar transformasi dari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Proposal transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung setelah mendapatkan penilaian dengan peringkat B (Direkomendasikan) diserahkan kepada Direktur Jenderal Bimas Kristen untuk selanjutnya diteruskan kepada Biro Ortala Setjen Kemenag RI.

Kemudian Menteri Agama RI menyampaikan usulan perubahan bentuk dua Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri kepada Menpan-RB dengan Surat Nomor : R-389/MA/OT.00/10/2019 perihal Usul Perubahan Bentuk IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung tanggal 11 Oktober 2019.

Menyikapi hal diatas, Intelektual Muda Kristen Sumatera Utara (IMKSU) sekaligus Tokoh Muda Kristen Yaredi Waruwu (YW) menegaskan bahwa Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung adalah perguruan tinggi satu-satunya milik Kementerian Agama RI yang terletak di wilayah Indonesia Bagian Barat.

“Secara geografis berada di Kabupaten Tapanuli Utara, Provinsi Sumatera Utara. Kampus ini hanya berjarak 53 KM dari Muara, satu dari rangkaian Destinasi Wisata Dunia, Toba Caldera Geopark yang secara resmi ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark tanggal 10 Juli 2020,” ujarnya mengatakan saat di Jakarta, sabtu (29/05/2021).

Dia pun berharap dan meminta kepada Presiden Joko Widodo agar berkenan memberikan diskresi atas permohonan perubahan bentuk atau transformasi IAKN Tarutung menjadi UKN Tarutung dengan tujuan untuk perbaikan kualitas kapasitas SDM dan lahirnya SDM unggul, maju, profesional, handal, berkarakter dan kompetitif.

“Yang kelak menjadi lokomotif penggerak percepatan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat Indonesia pada umumnya dan khususnya generasi muda yang akan menjadi angkatan kerja dan pelaku dunia ekonomi Indonesia, “pungkasnya.

Hal ini juga, selaras dan seirama dengan visi misi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam upaya pada fokus pembangunan SDM akan menjadi prioritas utama dengan membangun SDM yang pekerja keras, dinamis, membangun SDM yang terampil, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, dan dapat mengundang talenta-talenta global untuk bekerja sama dengan kita.(Bar)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90