Berdialog dengan Pekerja Pabrik, Atikoh Ganjar Bahas Pencegahan Stunting

Purworejo, LiraTV.id – Istri capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo, Siti Atikoh Supriyanti berdialog dengan pekerja pabrik bulu mata, Winong Lor, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (28/12).

Misalnya, Atikoh berdialog dengan seorang karyawan bernama Mei yang bertanya soal program dari paslon nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengatasi tengkes atau stunting.


“Saya melihat itu di sekeliling saya masih banyak yang anak-anak yang stunting, terus dapat bantuan, tetapi anaknya masih di bawah itu, masih juga stunting, bagaimana solusinya,” kata Mei bertanya kepada Atikoh dalam dialog di pabrik EJ Bulu Mata, Purworejo, Jawa Tengah, Kamis.

Atikoh kemudian menyinggung urusan stunting sebenarnya dimulai dari pencegahan, karena bakal sulit menyembuhkan penderita.

Mantan wartawan itu mengatakan pencegahan stunting terhadap anak dimulai dari masa kandungan. Wanita perlu dipastikan dalam kesehatan ideal semasa hamil.

“Pencegahannya itu memastikan si ibu, calon ibu, ketika mau menikah, kondisinya memang sehat, kondisinya sehat, dari berat badannya, lingkar lengan, lingkar lengan atasnya itu lebih dari 23,5 cm, ya, mungkin dari berat badan lebih dari 45 kg, lah, usianya, usia orang yang menikah itu di atas 20 th, menikah boleh umur 18 atau 19, tapi ketika hamil, usianya 20 tahun, sehingga anatomi tubuhnya itu sudah support agar hamil,” kata Atikoh mengawali jawaban.

Dia kemudian mengatakan Ganjar-Mahfud menjadi paslon yang akan memperhatikan kesehatan ibu hamil agar anak tidak terjadi stunting.

Semisal, kata Atikoh, paslon yang didukung oleh PDI Perjuangan, PPP, Hanura, dan Perindo itu bakal memberikan asupan telur bagi ibu hamil demi mencegah stunting.

“Memberikan asupan, asupannya itu yang paling mudah itu telur, sehari telur satu atau dua biji,” kata wanita kelahiran Jawa Tengah itu.

Atikoh melanjutkan telur menjadi makanan ideal untuk diberikan kepada ibu hamil karena mengandung protein di sisi putih dan asam folat di bagian kuning.

“Zat yang terkandung dalam putih telur itu, protein yang paling lengkap. Protein ada asam amino esensial, nonesensial, nah, ini putih telur itu yang paling lengkap. Ikan mungkin, tetapi ikan relatif agak mahal, telur paling gampang, diceplok gampang, didadar gampang, direbus gampang, harganya relatif terjangkau. Kuning telurnya itu asam folatnya tinggi. Asam folat kenapa penting sekali utk ibu yang mengandung, karena itu untuk pembentukan saraf otak. Kalau stunting itu kadang mempengaruhi saraf otak bagi janin, asam folat itu utk membentuk saraf otak, kemudian bagi ibu juga bisa mencegah anemia. Anemia ini salah satu penyebab dari prematur,” kata Atikoh.

Dia bahkan menyebutkan pencegahan stunting dari Ganjar-Mahfud akan dilanjutkan sampai si anak berusia dua tahun sejak si jabang lahir di dunia.

Atikoh mengatakan telur sebanyak dua butir akan diberikan kepada ibu yang akan menyusui anak sampai berusia dua.

“Jadi, ketika di kandungan sampai anak dua tahun, itu mendapatkan asupan gizi seimbang. Ditentukan tentu, ditentukan dengan usia si anak ketika ASI eksklusif sampai enam bulan, berarti benar-benar dari ASI ibunya, nah, ini ibunya diberikan makanan yang bergizi. Kalau Ganjar-Mahfud, pemberian telur, telur 2 butir sehari untuk ibu yang mengandung, kemudian ketika melahirkan itu juga dilanjutkan sampai anak berusia 2 tahun,” katanya.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90