News  

Peringati Harlah Pancasila, R-TIKA Nusantara Adakan Diskusi Bersama GMNI Tangerang Selatan

[Foto bersama saat momentum Harlah Pancasila R-Tika dan GMNI Tangsel, Ist]

Jakarta|LIRATV – Dalam momentum harlah Pancasila, Relawan Teman Ibu Kawan Anak (RTIKA) Nusantara adakan diskusi yang bertajuk “Degradasi Pancasila Sebagai Pondasi Bernegara” yang berkolaborasi dengan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Tangerang Selatan (Sabtu, 3/06/2023). yang berlokasi di Kangsenan Coffe Tangerang Selatan.


Acara yang diikuti oleh seluruh anggota GMNI dan anggota R-TIKA ini berjalan dengan baik karena dihadiri beberapa tokoh perintis organisasi mahasiswa yang memiliki semangat nasionalisme dan persatuan.

Menurut Tika Dian Pangastuti, S.S., selaku ketua R-TIKA menuturkan kegiatan ini diadakan yang bertujuan untuk menjaga spirit nilai-nilai Pancasila dikalangan mahasiswa maupun penggerak masyarakat ditengah arus teknologi digital serta mengajak seluruh peserta diskusi yang hadir untuk terus menjaga semangat nasionalisme, solidaritas dan meningkatkan literasi budaya berbangsa.

Pada kesempatan yang sama Ketua Cabang GMNI Tangsel, Bung Logan Leliweri menyatakan kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab pergerakan mahasiswa dalam mengedukasi sikap dan perilaku sehari-hari mahasiswa terhadap pelestarian nilai-nilai Pancasila serta bagaimana usaha yang dilakukan generasi muda untuk terus massif menggalakan kebaikan Pancasila.

Perlu diketahui Pancasila sebagai dasar negara mengandung makna bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi dasar atau pedoman bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila sebagai dasar negara berarti nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Salah satu peserta diskusi, Bung Tanjung menyatakan kegiatan serupa harus intensif dilakukan sebagai wujud mencegah degradasi Pancasila di era perkembangan teknologi.

Karena sumber daya manusia Indonesia, khususnya membangun generasi yang terdidik, beradab dan berbudaya.
Oleh karena itu diperlukan reaktualisasi nilai-nilai pancasila agar dapat dijadikan acuan bagi bangsa Indonesia dalam menjawab berbagai persoalan yang dihadapi saat ini maupun yang akan datang baik persoalan dari dalam maupun dari luar.

Berdasarkan hasil diskusi GMNI Cabang Kota Tangerang Selatan bersama R-Tika Kawan ibu dan Anak, “kami sepakat untuk terus memberika Self-Relience Terhadap masyarakat, penyadaran terhadap wawasan pancasila terhadap masyarakat yang menjadikan Falsafah dalam hidup dan Pondasi dalam bernegara,” tutupnya.(Bar)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90