Langgar Aturan! Relawan Jokowi Minta Presiden Berhentikan Zainudin Amali Jadi Komisaris Bank Mandiri

HM. Jusuf Rizal (tengah), Erick Thohir (kiri), dan Zainudin Amali (kanan).

JAKARTA — Relawan Jokowi-Amin The President Center meminta Presiden Jokowi memberhentikan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Komisaris Bank Mandiri, karena melanggar PP Nomor 23 Tahun 2022 tentang Pendirian, Pengurus, Pengawas dan Pembubaran BUMN.

Permohonan pemberhentian itu disampaikan Ketua Presidium Relawan The President Center Jokowi-Amin, HM. Jusuf Rizal, saat ditanya awak media terkait pengangkatan Zainudin Amali oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Bank Mandiri, sementara Zainudin Amali masih sebagai Wakil Dewan Pembina dan Ketua Bapilu Partai Golkar.


Sebelumnya, Zainudin Amali mundur dari jabatan Menpora dengan alasan ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI. Sementara Ketua Umum PSSI dijabat oleh Erick Thohir. Namun setelah itu, Erick Thohir selaku Menteri BUMN mengangkat Zainudin Amali sebagai Komisaris Bank Mandiri.

“Jadi pengangkatan Zainudin Amali sebagai Komisarin Bank Mandiri itu melanggar aturan. Semestinya Erick Thohir sebagai Menteri BUMN paham dan taat pada aturan. Bukan nepotisme dan menerabas ketentuan. Mentang-mentang punya kuasa,” tegas Jusuf Rizal kepada awak media pada Kamis (16/3/2023).

Jusuf Rizal yang merupakan pria berdarah Madura-Batak Presiden LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) menjelaskan, larangan Komisaris maupun Direksi BUMN menjadi pengurus partai politik itu tertuang dalam PP Nomor 23 Tahun 2022 tentang perubahan atas peraturan pemerintah Nokmor 45 Tahun 2005 tentang Pendirian, Pengurus, Pengawas dan Pembubaran BUMN.

Aturan yang ditetapkan Presiden Jokowi pada 8 Juni 2022 dan diundangkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H.Laoly pada Pasal 55 ayat 1 menyebutkan: “Anggota Komisaris dan Dewan Pengawas dilarang menjadi pengurus partai politik dan/atau calon/anggota legislatif, calon kepala/wakil kepala daerah dan/atau kepala/wakil kepala daerah”. Ini juga berlaku bagi Direksi sebagaimana Pasal 22 ayat 1

“Jadi menurut kami Menteri BUMN Erick Thohir telah melanggar aturan, karena itu Presiden Jokowi harus mengoreksi dengan memberhentikan Zainudin Amali sebagai Komisaris di Bank Mandiri. Kecuali Presiden Jokowi tutup mata atas pelanggaran yang terjadi,” tegas Jusuf Rizal.

HM.Jusuf Rizal

Namun dalam PP tersebut hanya membatasi jabatan Komisaris dan Direksi BUMN dari pengurus partai. Selama kader tidak tercantum dalam struktur pengurus partai masih diperbolehkan untuk menjabat posisi teratas di setiap perusahaan negara.

“Sementara Zainudin Amali merupakan pengurus teras di Partai Golkar sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina dan Ketua Bapilu (Badan Pemenangan Pemilu). Jadi harus diberhentikan,” tegas Jusuf Rizal.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90