News  

Perang Dunia 3 Meledak? 14 Negara Ini Terancam Jadi Korbannya

(Foto: Istimewa)

LIRATV  — Ketegangan antara Rusia dan Ukraina yang melibatkan Amerika Serikat (AS) dan NATO saat ini diyakini bisa memicu Perang Dunia III (World War III). Rusia diyakini sejumlah kalangan akan menyerang Ukraina, di mana intelijen Barat mengklaim sekitar 100.000 pasukan sudah berada di wilayah sekitar perbatasan kedua negara.

Di sisi lain, AS dan NATO juga telah mengirimkan pasukan, kapal perang dan jet tempur ke wilayah Laut Hitam karena permintaan Ukraina. Meski bekas Uni Soviet, Ukraina sekarang merapat ke NATO.


Ketua Kepala Staf Gabungan Militer AS, Mark Milley menyebut perang adalah hal mengerikan. Jika terjadi, hal itu akan membuat banyak korban berjatuhan, begitu juga dari pihak Rusia.

“Jika dilepaskan di Ukraina, itu akan signifikan dan mengakibatkan sejumlah besar korban. Dan bisa Anda bayangkan seperti apa itu di daerah perkotaan yang padat, sepanjang jalan dan sebagainya. Ini akan mengerikan, akan buruk,” ungkap Milley, dikutip dari Sky News, Senin (7/2/2022)./dilansir dari detikcom

Kondisi geopolitik lain yang menjadi perhatian adalah tensi tinggi antara China dan AS. Belum lama ini pemerintah AS berencana untuk mengizinkan diplomatnya yang berada di China untuk meninggalkan negara itu.

Dampak ketegangan geopolitik ini pun juga memiliki efek besar kepada Indonesia. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan ketegangan antara Rusia dan Ukraina memicu ketidakstabilan di pasar global.

Diketahui, indeks saham utama Rusia jatuh dan bank sentral menghentikan pembelian mata uang asing setelah Rubel merosot.

Bila kondisi ini tidak terkendali, maka bisa mempengaruhi harga komoditas, khususnya energi. Indonesia sebagai pengimpor bahan bakar minyak (BBM) akan terkena imbas cukup berat dari sisi APBN maupun inflasi.

Baca juga:

“Itu pengaruhi dampak ke komoditas energi baik gas dan minyak,” kata Sri Mulyani. “Jadi ini yang kita kelola di 2022.”

Selain RI, berikut daftar 14 negara yang berpotensi terdampak jika perang dunia ketiga terjadi seperti dihimpun ListSurge:

1. India

2. Mesir

3. Prancis

4. Korea Selatan (Korsel)

5. Iran

6. Inggris

7. Pakistan

8. Israel

9. Afghanistan

10. China

11. Rusia

12. Suriah

13. Korea Utara (Korut)

14. AS

(Bar)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90