banner 728x90

Di Roma, Presiden Jokowi Resmi Hadiri KTT G-20

  • Bagikan
banner 728x90

(Foto: Perdana Menteri Italia Mario Draghi besalaman dengan Presiden Indonesia Joko Widodo saat tiba di KTT G20 di Roma, Italia 30 Oktober 2021. (REUTERS/Guglielmo Mangiapane,ist)

LIRATV– Presiden Joko Widodo resmi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20 di Roma, Italia Sabtu (29/10). Pada tayangan di Sekretariat Presiden, sejumlah presiden terlihat datang secara bergantian.

banner 728x90

Presiden Turki Recep Tayyip Erdo─čan menjadi orang yang pertama datang ke lokasi acara. Ia nampak hanya mengenakan kemeja serta dasi serta celana berwarna hitam.

Selanjutnya beberapa pimpinan negara pun datang, di antaranya adalah Republik Demokratik Kongo (DRC) Felix Tshisekedi, Presiden Brasil, Jair Bolsonaro Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, Presiden Rwanda Paul Kagame.

Yang menarik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) datang terakhir. Ia mengenakan kemeja putih dan dasi biru dongker bercorak, serta balutan jas berwarna abu. Sebelum Jokowi, hadir juga Sultan Brunei Darussalam, Hassanah Bolkiah.

“Presiden Jokowi akan tiba paling akhir karena tahun depan Indonesia akan menjadi Presidensi G20,” tulis Sekretariat Presiden di kolom Komentar.

KTT G20 bukan hanya satu-satunya kunjungan kerja Jokowi ke Eropa. Di Roma, Italia, Jokowi berpartisipasi pada KTT G20 yang digelar pada 30-31 Oktober 2021. Sedangkan di Glasgow, Britania Raya, Presiden akan berpartisipasi dalam KTT Pemimpin Dunia COP26, pada tanggal 1-2 November 2021. Selain itu, Jokowi juga akan melakukan kunjungan bilateral ke Persatuan Emirat Arab.

“Ini adalah kunjungan bilateral pertama saya di masa pandemi. Saya akan pergunakan kunjungan ini untuk memperkuat kerjasama, terutama di bidang perdagangan dan investasi,” kata Jokowi.

Jokowi dan rombongan akan menempuh penerbangan menuju Roma selama kurang lebih 13 jam. Jokowi diperkirakan akan tiba di Fiumicino Airport, Roma, pada pukul 17.25 Waktu Setempat (WS) dan akan langsung menuju hotel tempatnya bermalam selama di Roma, Italia.(Bar/dilansir:cnbc indonesia,Ist)


  • Bagikan
banner 728x90