Hukum, News  

Isu yang Meminta Supaya Menhunkam Mundur dari Jabatan, Sekjen AIPKON Menepis: “Mereka Tidak Mengerti”

[Foto: Kebakaran Lapas Tangerang pada Rabu (8/9/2021) dini hari)

JAKARTA- LIRATV| Terkait tragedi kebakaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang hingga menuai isu pernyataan dari berbagai pihak agar Yasonna Laoly selaku Menteri Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) supaya mundur dari posisi nya atas kelalaian tersebut.


Namun Herwanto Nurmansyah SH, MH sekjen Advokat Indonesia Peduli Korban Narkoba(AIPKON) menepis pernyataan pihak-pihak yang mengatakan agar Yasonna mundur dan hal tersebut menurutnya tidak tepat.

“Yang meminta Yasonna Laoly mundur dari jabatan nya tidak mengerti permasalahan, karena kementerian hukum dan ham hanyalah korban dari peradilan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya yang mana tujuan dari undang-undang Narkotika itu sendiri, sehingga lapas over kapasitas,” ujarnya mengatakan saat dihubungi di Jakarta, sabtu (12/9/2021).

Lanjutnya lagi menegaskan, bahwa pihaknya justru mendukung apa yang pernah diucapkan oleh Menteri Hukum dan Ham tersebut, “Bahwa pak Yasonna pernah berkata dan meminta agar pecandu narkoba tidak perlu dikirim kelapas lagi,” ungkapnya.

Dalam hal ini dia pun menyebut, kementrian hanya wajib memerima terpidana yang sudah divonis di pengadilan dan tidak boleh menolak.
Padahal peraturan bersama sudah ditandatangani oleh Mahkamah Agung, Kementerian Hukum dan Ham, Kementerian kesehatan, Kementerian Sosial, Jaksa Agung, Kapolri dan BNN.

“Tapi dalam prakteknya Majelis hakim di pengadilan tidak pernah mau melaksanakan peraturan bersama dan Sema 04 Tahun 2010, jadi kalau mau seharusnya Mahkamah Agung yang menegur hakim yang tidak mau menjalankan sema No.04 Tahun 2010,” tandasnya mengatakan.(BAR.S)

 

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90