Sosialisasi Pengawas Ketenagakerjaan yang Digelar FSPTSI-KSPSI di Sumut Bertabur Tokoh

Medan, LiraTV.id — Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Republik Indonesia, Afriansyah Noor akan membuka Sosialisasi Pengawasan Ketenagakerjaan yang digelar Federasi Serikat Pekerja Transport Seluruh Indonesia (FSPTSI)-Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di Medan, Sumatera Utara (Sumut) pada 16-17 Juli 2024.

Demikian disampaikan Ketua Pengurus Daerah (PD) FSPTSI-KSPSI Sumatera Utara, Febri Dalimunthe, ST kepada media di Medan, Sumatera Utara, Rabu (3/7/2024.


Febri menjelaskan, FSPTSI-KSPSI menggelar acara Sosialisasi Pengawasan Ketenagakerjaan ini bekerjasama Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dan Komite Pengawas Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Febri yang ditunjuk menjadi Panitia Pelaksana oleh Pengurus Pusat (PP) FSPTSI-KSPSI mengatakan, kegiatan ini akan mengundang tripartit (Pemerintah, Pengusaha, dan Serikat Pekerja) se-Sumatera Utara.

Sosialisasi pengawas dan pengaduan ketenagakerjaan ini diharap akan mampu menjamin pemberian perlindungan bagi para pekerja dan buruh kedepannya.

“Seluruh Kadisnaker (kepala dinas ketenagakerjaan), baik Provinsi, Kabupaten, dan Kota akan diundang guna memperoleh masukan, gagasan maupun kritikan terhadap fungsi pengawasan dan pengaduan masalah ketenagakerjaan di Sumatera Utara,” ujar Febri yang juga mantan Gubernur LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Sumut itu.

Acara ini dipastikan lebih semarak dan berbobot karena akan dihadiri pula oleh Asosiasi dan Himpuan Pengusaha, Perusahaan, Federasi Serikat Pekerja dan Konfederasi Serikat Pekerja yang ada di Sumatera Utara. Berbagai pihak mitra kerja serikat pekerja, termasuk ILO (International Labour Organization), Kepolisian, Ormas, dan NGO juga turut diundang.

Selain Wamenaker Afriansyah Noor, lanjut Febri, sejumlah pejabat penting juga diagendakan hadir memberi sambutan, diantaranya Pj. Gubernur Sumut, Agus Fatoni; Walikota Medan, Bobby Nasution; Ketua GAPKI Bidang SDM, Sumarjono Saragih; serta tokoh nasional Ketum KSPSI, Yorrys Raweyai.

Sementara Narasumber Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Raja Inal Siregar (RIS) Kantor Gubernur Sumatera Utara itu, langsung disampaikan Ketua Komite Pengawas Ketenagakerjaan RI, Yuli Adiratna,SH, M.Hum serta dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Drs. Hari Wijaya.

“Hasil dari sosialisasi pengawasan dan pengaduan atas masukan dari tripartit akan dirumuskan oleh Tim Komisi III Pengawas Ketenagakerjaan untuk disampaikan ke Menteri Tenaga Kerja, Ida Fawziah. Hasilnya juga untuk penyusunan kebijakan terhadap pengawas ketenagakerjaan di Kementerian Ketenagakerjaan,” tambah Febri.

Pada kesempatan yang sama, seluruh serikat pekerja yang diundang akan dibekali dengan materi BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan tentang pelayanan dan kebijakan baru dua lembaga jaminan sosial itu. Kemudian akan ada Deklarasi LKS (Lembaga Kerjasama) Tripartit dan Mitra Perkebunan Sumatera Utara.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif

banner 728x90