banner 728x90

LKPHI Resmi Laporkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Ke Kejagung RI

  • Bagikan
banner 728x90

[Foto: Kejaksaan Agung RI, Ist]

Jakarta|LIRATV— Asrun Lio sebagai orang nomor satu, pimpinan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara resmi di laporkan Ke Kejagung RI. Ihwal ini di benarkan oleh Direktur Hukum dan Advokasi Lembaga Kajian Pemerhati Hukum Indonesia (LKPHI). Bahwa berdasarkan temuan BPK tahun 2020, Asrun Lio sebagai pucuk tertinggi menjadi bahan sorotan hingga saat ini. “Seorang S3 tamatan luar negeri justru menyimpan citra buruk terhadap dunia pendidikan di Sultra,” ujar Ikhsan Jamal selaku Direktur Hukum dan Advokasi LKPHI usai melaporkan kasus tersebut ke Kejagung RI, Jakarta, rabu (13/10/2021)

banner 728x90

(Foto:Ikhsan Jamal saat laporkan ke Kejagung RI,Ist)

Lanjutnya lagi menegaskan dengan adanya beberapa indikasi temuan oleh BPK kami pastikan akan mengawal temuan ini hingga tuntas.

Adapun temuan tersebut diantaranya: Sumber dari DAK fisik sebesar Rp.18. 031.591,150,- bukan merupakan
aset tetap gedung dan bangunan tetapi berupa perabot yang merupakan aset
tetap peralatan(inventaris kantor) dan mesin, seharusnya di anggarkan sebagai belanja modal, lalu peralatan dan bangunan yang bersumber dari DAK menjadi satu antara gedung dan bangunan serta perabot.

Ditemukan juga adanya pengadaan tandon air pada belanja modal peralatan mesin sebesar Rp.890.560.000.00., yang di serahkan ke sekolah swasta bersumber dari Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SILPA) yang seharusnya di anggarkan sebagai belanja Barang untuk diserahkan kepada masyarakat.

Berikut, terdapat realisasi belanja modal peralatan dan mesin dari Dana Belanja Operasional Sekolah (BOS) sebesar Rp.553. 339.849,00,- bukan merupakan barang pakai habis yang seharusnya di anggarkan sebagai belanja barang.

Pun terdapat juga belanja modal peralatan mesin pengadaan komputer yang bersumber dari dana BOS TA 2019 di realisasikan pada TA 2020 tanpa Dasar Anggaran sebesar Rp.831.724.500,00,-

“Berdasarkan temuan BPK tersebut beberapa bukti permulaan sudah kami lampirkan dan semua diterima baik tanpa pengecualian,” tandasnya menyampaikan.(Bar)


  • Bagikan
banner 728x90